Minggu, 18 Maret 2012

CAP GOMEH PAPER AKHIR

*    Sejarah Cina
Sejarah Cina adalah salah satu sejarah kebudayaan tertua di dunia. Dari penemuan arkeologi dan antropologi, daerah Cina telah didiami olehmanusia purba sejak 1,7 juta tahun yang lalu. Peradaban Cina berawal dari berbagai negara kota di sepanjang lembah Sungai Kuning pada zaman Neolitikum. Sejarah tertulis Cina dimulai sejak Dinasti Shang (k. 1750 SM - 1045 SM).[1] Cangkang kura-kura dengan tulisan Cina kuno yang berasal dari Dinasti Shang memiliki penanggalan radiokarbon hingga 1500 SMBudayasastra, dan filsafat Cina berkembang pada zaman Dinasti Zhou (1045 SM hingga 256 SM) yang melanjutkan Dinasti Shang. Dinasti ini merupakan dinasti yang paling lama berkuasa dan pada zaman dinasti inilah tulisan Cina modern mulai berkembang.
Dinasti Zhou terpecah menjadi beberapa negara kota, yang menciptakan Periode Negara Perang. Pada tahun 221 SMQin Shi Huangmenyatukan berbagai kerajaan ini dan mendirikan kekaisaran pertama Cina. Pergantian dinasti dalam sejarah Cina telah mengembangkan suatu sistem birokrasi yang memungkinkan Kaisar Cina memiliki kendali langsung terhadap wilayah yang luas.
Pandangan konvensional terhadap sejarah Cina adalah bahwa Cina merupakan suatu negara yang mengalami pergantian antara periode persatuan dan perpecahan politis yang kadang-kadang dikuasai oleh orang-orang asing, yang sebagian besar terasimiliasi ke dalam populasiSuku Han. Pengaruh budaya dan politik dari berbagai wilayah di Asia, yang dibawa oleh gelombang imigrasi, ekspansi, dan asimilasi yang bergantian, menyatu untuk membentuk budaya Cina modern.













B. Tujuan Kesempatan Khusus “Cap Go Meh”
Cap Go Meh adalah perayaan malam ke-15 setelah Tahun Baru Imlek, yang di tahun ini jatuh pada 17 Februari 2011. Cap Go Meh mulai dirayakan di Indonesia sejak abad ke 17, ketika terjadi migrasi besar dari Tiongkok Selatan.
Cap-Go-Meh sebenarnya adalah istilah Hokkian, yang artinya “malam 15.” Di daratan Tiongkok sendiri, dinamakan Yuan Xiau Jie dalam bahasa Mandarin, yang artinya festival malam bulan pertama. Pada zaman dinasti Han dahulu (202 SM - 220 M), pada malam Cap Go Meh tersebut, biasanya sang kaisar sendiri khusus keluar istana untuk turut merayakan bersama dengan rakyatnya.
Setiap tradisi budaya selalu memiliki asal- usul. Salah satu versi asal muasal Cap Go Meh terjadi pada zaman dinasti Zhou (770 - 256 SM). Setiap tanggal 15 malam bulan pertama setelah Imlek, para petani memasang lampion-lampion yang dinamakan Chau Tian Can di sekeliling ladang untuk mengusir hama dan menakuti binatang-binatang perusak tanaman.
Ketika itu tujuan memasang lampion-lampion tersebut adalah untuk mengusir hama. Namun di masa kini justru menjadi suatu tradisi yang menampilkan pemandangan yang indah di malam hari tanggal 15 bulan pertama.
Ketika itu untuk menakuti atau mengusir binatang-binatang perusak tanaman, selain memasang lampion, mereka menambah segala bunyi-bunyian serta bermain barongsai, agar lebih ramai dan bermanfaat bagi petani. Kepercayaan dan tradisi budaya ini terus berlanjut secara turun menurun, baik di daratan Tiongkok maupun di perantauan di seluruh dunia.
Di negara barat Cap Go Meh dikenal sebagai pesta karnavalnya etnis Tionghoa, karena adanya pawai arak-arakan yang pada umumnya dimulai dari Kelenteng.
Sedangkan di Indonesia, selain terdapat acara pawai arak-arakan keliling, terdapat ciri khas lain, yaitu makanan lontong cap go meh, yang terutama banyak terdapat di masyarakat Jawa. Lontong cap go meh terdiri dari berbagai jenis makanan, yaitu lodeh, opor,  sate abing, ditambah lontong dan bubuk kedelai. 











BAB II
KESEMPATAN KHUSUS NEGARA CHINA DENGAN TEMA CAP GOMEH
Sejarah Cap Go Meh
Yuan Hsiao Cieh juga disebut Shang Yuan Cieh umumnya disebut Cap Go Meh di kalangan overseas Chinese yang berasal dari Fu Jian. Cap Go Meh artinya adalah Malam Kelima Belas yang merupakan tanggal 15 bulan pertama penanggalan lunar (Imlek).
Perayaan ini mula2 berasal dari upacara penghormatan kepada Dewa Thai-yi yang dianggap merupakan Dewa Tertinggi di Langit oleh Kaisar dalam Dinasti Han. Upacara ini dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 15 bulan pertama penanggalan lunar yang merupakan bulan purnama pertama dalam setahun. Upacara ini juga tertutup hanya untuk kalangan istana dan belum umum di masyarakat Chinese zaman dulu.
Karena upacara ini harus dilakukan pada malam hari, maka harus disiapkanpenerangan dengan lampu2 dari senja hari sampai keesokan harinya. Inilah yang kemudian berubah menjadi lampion2 dan lampu berwarna-warni dan menjadi pelengkap utama dalam perayaan ini.
Sampai ke Dinasti Tang, perayaan ini kemudian menjadi terbuka dan dirayakan juga secara luas oleh masyarakat umum dan dikenal dengan nama Shang Yuan Cieh (Festival Purnama Atas) sebagai bagian dari San Yuan Cieh (Festival Tiga Purnama). San Yuan Cieh ini dapat dibagi menjadi :
1.      Shang Yuan Cieh dirayakan pada tanggal 15 bulan pertama penanggalan lunar dan merupakan yang paling meriah dari ketiga festival tadi. Perayaan ini untuk memuja Dewa2 di Langit.
2.      Chung Yuan Cieh (Festival Purnama Tengah) dirayakan pada tanggal 15 bulan 7 penanggalan lunar yang kerap disebut sebagai bulan hantu dalam tradisi dan kepercayaan Chinese. Ini dirayakan sebagai pemujaan terhadap Dewa2 di Alam Bawah (Neraka).
3.      Shia Yuan Cieh (Festival Purnama Bawah) dirayakan tanggal 15 bulan 10 penanggalan lunar. Ini jarang dirayakan sekarang dan merupakan pemujaan terhadap Dewa2 Air/Laut.
Adat Istiadat dalam perayaan Cap Go Meh di Indonesia. Menyaksikan lampion dan makan onde-onde adalah dua bagian penting pada hari raya Cap Go Meh. Selain itu ada beberapa adapt istiadat lainnya yang merupakan rangkaian acara yang tidak terpisahkan dari zaman China kuno. Antara lain :
a.       Acara pawai menggotong joli Toapekong untuk diarak keluar dari Kelenteng. Toapekong (Hakka = Taipakkung, Mandarin = Dabogong) berarti secara harfiah eyang buyut untuk makna kiasan bagi dewa yang pada umumnya merupakan seorang kakek yang sudah tua. “Da Bo Gong” ini sebenarnya adalah sebutan untuk para leluhur yang merantau atau para pioner dalam mengembangkan komunitas
Tionghoa. Jadi istilah Da Bo Gong itu sendiri tidak dikenal di Tiongkok.
b.      Lontong opor lengkap (Lontong Cap Go Meh) dengan sambal goreng dan sate abing.  Sejatinya, lontong opor dan hidangan pelengkapnya bukanlah masakan khas masyarakat tionghoa. Hidangan ayam yang dimasak dengan santan kelapa ini adalah masakan khas Jawa yang diadopsi oleh masyarakat tionghoa sebagai hidangan perayaan Cap Go Meh.
Biasanya ayam opor disajikan untuk melengkapi lontong dan dipadukan dengan sambal goreng dan sate abing. Sate abing ini dipercaya juga khas Semarang, rasanya manis dan gurih. Diatas piring berisi lontong yang sudah lengkap dengan ayam opor, sambal goreng dan sate abing, ditaburkan bubuk kedelai manis sebagai bumbunya.
c.       Pawai Cap go meh ini di iringi oleh para pemain musik „Tanjidor” yang menggunakan instrument musik trompet, tambur dan bajidor (Bedug). Orkes ini sudah dikenal sejak abad ke 18. Konon Valckenier gubenur Belanda pada saat itu sudah memiliki rombongan orkes tanjidor yang terdiri dari 15 orang pemain musik. Tanjidor biasanya hanya dimainkan oleh para budak2, oleh sebab
itulah musik Tanjidor ini juga sering disebut sebagai „Sklaven Orkest”.
d.      Tarian barongsay atau tarian singa biasanya disebut “Nong Shi”. Nama “barongsai” adalah gabungan dari kata Barong (bahasa Jawa) dan Sai = Singa (bahasa dialek Hokkian). Singa menurut orang Tionghoa ini melambangkan kebahagiaan dan kegembiraan.
Ada 2 macam tarian barongsay yang satu lebih dikenal sebagai Singa Utara yang penampilannya lebih natural sebab tanpa tanduk, sedangkan Singa Selatan memiliki tanduk dan sisik jadi mirip dengan binatang Qilin (kuda naga yang bertanduk). Seperti layaknya binatang lainnya juga, maka barongsai juga harus diberi makan berupa Angpau yang ditempeli dengan sayuran selada air yang lazim disebut “Lay See”.
Untuk melakukan tarian makan laysee (Chai Qing) ini para pemain harus mampu melakukan loncatan tinggi, sehingga ketika dahulu para  pemain barongsai, hanya dimainkan oleh orang2 yang memiliki kemampuan silat – “Hokkian = kun tao” yang berasal dari bahasa Mandarin Quan Dao (Kepala kepalan atau tinju), tetapi sekarang lebih dikenal dengan kata Wu Shu, padahal artinya Wu Shu sendiri itu adalah seni menghentikan kekerasan.
Didepan barongsai selalu terdapat seorang penari lainnya yang menggunakan topeng sambil membawa kipas. Biasanya disebut Shi Zi Lang dan penari inilah yang menggiring barongsai untuk meloncat atau bermain atraksi serta memetik sayuran.
Sedangkan penari dengan topeng Buddha tertawa disebut Xiao Mian Fo. Pada awalnya tarian barongsai ini tidak pernah dikaitkan dengan ritual keagamaan manapun juga, tetapi akhirnya karena rakyat percaya, bahwa barongsai itu dapat mengusir hawa2 buruk dan roh2 jahat.

http://indonesian.cri.cn/mmsource/images/2008/02/22/yx2.jpgHari raya Cap Go Meh atau Yuan Xiaojie dalam bahasa Tionghoa yang jatuh pada tanggal 15 bulan pertama tahun Imlek adalah salah satu hari raya tradisional Tiongkok. Menurut tradisi rakyat Tiongkok, sehabis Cap Go Meh, maka berakhirlah seluruh perayaan Tahun Baru Imlek.
Hari raya Cap Go Meh juga disebut Yuanxi, Yuanye atau Shang Yuanjie dalam bahasa Tionghoa. Malam Cap Go Meh adalah malam pertama bulan purnama setiap tahun baru. Pada malam itu, rakyat Tiongkok mempunyai kebiasaan memasang lampion berwarna-warni, maka festival ini juga disebut sebagai “hari raya lampion”.
Menyaksikan lampion dan makan onde-onde adalah dua bagian penting pada hari raya Cap Go Meh. Dan dari mana asal usul tradisi pemasangan lampion pada Festival Cap Go Meh? Konon pada tahun 180 Sebelum Masehi, Kaisar Hanwudi yang berkuasa pada masa Dinasti Han Barat naik takhta pada tanggal 15 bulan pertama Imlek. Untuk merayakan penobatannya, Kaisar Han Wudi mengambil keputusan untuk menjadikan tanggal 15 bulan pertama sebagai hari raya lampion. Pada malam tanggal 15 bulan pertama setiap tahun, ia berkebiasaan bertamasya ke luar istana dan merayakan festival itu bersama rakyat. Pada tahun 104 Sebelum Masehi, Festival Cap Go Meh secara resmi dicantumkan sebagai hari raya nasional. Berkat keputusan itu, skala Festival Cap Go Meh meningkat lebih lanjut. Menurut peraturan, setiap tempat publik dan setiap keluarga diharuskan memasang lampion berwarna-warni, khususnya di jalan utama dan pusat kebudayaan akan diadakan pameran lampion besar-besaran yang meriah. Rakyat, baik yang berusia tua maupun yang berusia muda, pria maupun wanita semuanya akan berdatangan ke pekan lampion untuk menyaksikan lampion dan tari lampion naga, di samping menebak teka-teki.
Lampion berwarna yang dipasang pada Festival Cap Go Meh kebanyakan dibuat dari kertas berwarna terang. Lampion bernama “zoumadeng” atau lampion kuda berlari adalah salah satu macam lampion yan paling menarik. Konon lampion itu sudah bersejarah seribu tahun lamanya.
Makan onde-onde pada hari raya Cap Go Meh juga merupakan salah satu kebiasaan lama. Kebiasaan makan onde-onde dimulai dari masa Dinasti Song (tahun 960-tahun 1279 Masehi). Onde-onde dibuat dengan tepung beras ketan dan selai buah. Setelah dimasak, rasanya lezat sekali. Pada kemudian hari, rakyat di bagian utara menyebut makanan itu sebagai “yuanxiao” dan rakyat di selatan menyebutnya sebagai “tangyuan”, dan pembuatannya pun berlainan dari utara ke selatan.
Kini onde-onde bermacam-macam, dan lain tempat lain cara pembuatan dan rasanya.
Pada Festival Cap Go Meh, rakyat selain menikmati lampion dan makan onde-onde, juga mengadakan kegiatan hiburan lainnya, seperti jangkungan, tari yangge (semacam tari khas di bagian utara Tiongkok) dan pertunjukan tari singa.
BAB III
PEMBAHASAN
A.  Menu
Pada setiap perayaan tentulah harus ada menu makanan khusus yang disajikan, begitu pula pada perayaan Cap Go Meh, menu makanan yang disajikan pada kesempatan ini antara lain:
No.
Giliran Makan
Menu
Deskripsi
1.


Entrée

ï  Ham stuffed pastries




ï  Spiced chicken






ï  Seafood in beancurd skin
ä  Ham stuffed pastries adalah sejenis pastel yang diisi dengan daging asap cincang dicampur dengan daun bawang

ä  Spiced chicken adalah potongan ayang yang memiliki rasa pedas, yang disajikan dengan taburan daun bawang dan wijen. Rasa pedas berasal dari minyak cabe dan lada.

ä  Seafood in beancurd skin, disajikan pada dinner plate, dan diberi saus sambal atau kuah. Rasanya gurih, renyah, dan padat.
2.
Soup
ï  Tai lake whitebait soup








ï  Chicken and sweet corn soup
















ï  Hot sour soup
ä  Tai lake whitebait soup adalah soup yang dibuat dari daging ikan putih, yang dimasak dengan kaldu ayam ditambah rebung, jamur hitam kering, jamur kuping dan tofu. Memiliki rasa yang urih dan konsistensi sedikit kental.

ä  Chicken and sweet corn soup adalah sejenis soup kental yang dikentalkan dengan tepung jagung dan kocokan putih telur dan sangat terkenal baik di negri China atau pun di luar wilayah China. Rasa dari Chicken and Sweet Corn Soup ini adalah gurih dengan penggunaan kaldu ayam beserta dada ayam cincang serta rasa dominan manis yang berasal dari jagung manis. Sup ini disajikan dengan irisan daun bawang yang di taburkan beserta kecap asin sebagai pelengkap nya.

ä  Hot sour soup adalah sup Cina yang diklaim oleh beragam masakan regional Beijing dan Sichuan sebagai makanan daerah. Hot sour soup Cina biasanya berisi daging, dan sering mengandung bahan-bahan seperti wood ear fungus dan tahu , dalam kaldu yang kadang-kadang dibumbui dengan darah babi. Hal ini biasanya dibuat panas (pedas) dengan paprika merah atau lada putih , dan asam dengan cuka.
3.
Main Course
ä  Pecking duck with Mandarin pancakes










ä  Curried rice with shrimp






ä  Lontong cap go meh
ä  Pecking duck atau yang biasa kita kenal dengan bebek peking merupakan masakan yang terkenal dan khas dari Negara Cina. Bebek peking ini berwarna coklatkemerahan dan kering. Bebek peking disajikan bersama mandarin pancake. Rasanya gurih, manis, kulitnya renyah, dagingnya empuk dan tidak berbau anyir.

ä  Nasi goreng kari yang dimasak dengan udang, kacang polong dan jamur China kering. Rasa yang paling ditonjolkan dari nasi goring ini adalah kari yang dihasilkan dari bubuk kari yang digunakan saat memasak.
ä  Lontong yang disajikan dengan opor dan sambal lengkap.
4.
Dessert
ä  Onde-onde










ä  Red bean pancake





ä  Mango pudding









ä  Kue nian gao

ä  Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau

ä  Red bean pancake, Disajikan pada dinner plate, bersama saus madu. Rasanya kenyal dan manis


Mango pudding adalah hidangan penutup terpopuler diChina bagian selatan dan Hongkong. Makanan ini dibuat dari gelatin yang direbus dengan air, santan kental dan potongan manga masak. Dalam penyajiannya, bias ditambah whipping cream

ä  Kue keranjang (sering disingkat Kue ranjang) yang disebut juga sebagai Nian Gao (年糕) atau dalam dialek Hokkian Tii Kwee (甜棵) , yang mendapat nama dari wadah cetaknya yang berbentuk keranjang , adalah kue yang terbuat dari tepung ketan dan gula , serta mempunyai tekstur yang kenyal dan lengket

B.  Alat Makan
Pada setiap kesempatan memakan hidangan pastilah memerlukan alat bantu untuk memakan hidangan tersebut, pada kesempatan khusus Cap Go Meh alat yang umum di pakai antara lain:

ü  Sumpit
ü  Sendok bebek
ü  Pisau makan
ü  Garpu
ü  Dessert plate
ü  Oval plate
ü  Soup cup
ü  Mangkuk
ü  Dinner plate

C.  Linen

ü  Taplak meja
ü  Napkin


D.  Akssesoris

ü  Lampion
ü  Angpau
ü  Ucapan selamat datang
ü  Vas bunga
ü  Bendera Negara China
ü  Gambar anak China
ü  Petasan China
ü  Pot bunga

           




E. Set up Meja
            Set up meja yang digunakan saat perayaan Cap Gomeh























BAB IV
PENUTUP
A.   Kesimpulan

Cap Go Meh terjadi pada zaman dinasti Zhou (770 - 256 SM). Setiap tanggal 15 malam bulan pertama setelah Imlek, para petani memasang lampion-lampion yang dinamakan Chau Tian Can di sekeliling ladang untuk mengusir hama dan menakuti binatang-binatang perusak tanaman. Namun di masa kini justru menjadi suatu tradisi yang menampilkan pemandangan yang indah di malam hari tanggal 15 bulan pertama. Makan onde-onde pada hari raya Cap Go Meh juga merupakan salah satu kebiasaan lama. Kebiasaan makan onde-onde dimulai dari masa Dinasti Song (tahun 960-tahun 1279 Masehi).
Menu makanan yang disajikan pada perayaan cap gomeh antara lain lontong cap gomeh, kue keranjang, onde-onde, dan Mie Panjang Umur. Alat makan yang digunakan adalah sumpit, mangkok dan sendok bebek. Lampion merupakan assesoris penting dalam perayaan Cap Gomeh yang digantung dengan warna yang cerah.

B.  Saran
                     Saat ada perayaan Cap Go Meh biasanya wajib tersedia adanya hidangan-hidangan yang tersebut yang telah dijelaskan pada  pembahasan di atas karena memiliki arti-arti atau makna tertentu dari setiap makanan. Yang mana arti atau makna dari makanan itu biasanya adalah sebuah doa. Maka dari itu, hidangan tersebut harus tersedia pada setiap perayaan Cap Go Meh.











DAFTAR PUSTAKA


Wikipedia, Sumpit, <http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpit> (1 November 2011)
Wikipedia, Sendok bebek, <http://id.wikipedia.org/wiki/Sendok_bebek> (1 November 2011)
Wikipedia, China, <http://ms.wikipedia.org/wiki/China> (30 Oktober 2011)
Sejarawan, Tentang China, <http://sejarawan.wordpress.com/2008/06/15/sedikit-tentang-cina/> (1 November 2011)
Epochtimes, Asal usul perayaan Cap Go Meh, <http://www.epochtimes.co.id/serbi.php?id=323> (1 November 2011)
Wikipedia, Cap Go Meh, <http://id.wikipedia.org/wiki/Cap_Go_Meh> (1 November 2011)
Wikipedia, Kue Keranjang, <http://id.wikipedia.org/wiki/Kue_keranjang> (3 November 2011)
Tri, Pipiet, Mie Panjang Umur, <http://kosmo.vivanews.com/news/read/127688-uniknya__mie_panjang_umur__imlek> (3 November 2011)




















LAMPIRAN RESEP – RESEP


CAP GO MEH











I.                   ENTRÉE
                                    Nama Hidangan         : Ham stuffed pastries
Sumber                       : “The food of China”
Halaman                     : 44
Bahan :
isian:
  • 250 g (8 oz) Yunnan atau asap daging, dalam satu potong
  • 100 g (31 / 2 oz) daun bawang, iris halus
  • 2 sdt gula
  • 2 sdt minyak wijen
Kue:
  • 500 g (1 lb) tepung terigu
  • 6 sdm minyak goreng
  • 2 sdt minyak wijen
  • sekitar 11 / 2 cangkir air hangat
  • minyak untuk menggoreng yang dalam

Cara Membuat :
  1. Uapkan  daging selama 30 menit. Dinginkan , kemudian cincang halus.
  2. Menggabungkan dengan isi bahan lainnya dan sisihkan.
  3. Untuk membuat kue menggabungkann semua bahan dan uleni ke dari adonan lentur Bagi adonan menjadi dua bagian. Bentuk satu porsi menjadi bola dan sisihkan.
  4. Gulung bagian kedua adonan sampai sekitar 0,5 cm (1/ 4 in) tebal.
  5. Tempatkan bola adonan di tengah dan membungkusnya dengan lembar adonan rata. Roll ini bola yang lebih besar menjadi lembaran datar sekitar 0,5 cm (1/ 4 in)tebal.
  6. potong adonan menjadi 8cm (3in) persegi. memasukkan sendok makan isinya kepusat setiap persegi dan berguling untuk membentuk segitiga atau, jika diinginkan lipat menjadi bentuk amplop.
  7. Tepi Tekan untuk menutup tegas. Goreng setiap Dangkal memasukkan kue dalam sedikit minyak, balik sekali, sampai berwarna keemasan.Tiriskan, kemudian goreng dalam minyak yang sangat panas selama beberapa detik sampai Crispy dan coklat keemasan.










Nama Hidangan        : Spiced Chicken
Sumber                       : The Essential Asian Cook Book
Halaman                     : 48
Porsi                           : 4
Bahan :
·         1 ayam ( paha atau kaki )
·         1 / 4 cup kecap asin
·         1 / 4 cangkir anggur beras cina
·         1 sdm minyak cabe (halaman 36)
·         1 / 2 sendok makan minyak wijen
·         1 / 2 sendok teh bawang putih cincang  halus
·         1 / 2 sendok teh jahe cincang halus
·         1 sendok teh wijen pasta atau selai kacang halus
·         1 / 2 sendok teh bubuk lada Sichuan atau sansho
·         1 sendok teh daun bawang iris halus
·         1 / 2 sendok makan biji wijen, panggang hingga kecoklatan.

Cara membuat :
Rebus kaki ayam dalam air panas lalu tutup hingga lunak. Dinginkan  dan ulangi , kemudian potong ayam tipis dan letakan pada piring secara teratur.  kemudian masukan  bahan lainnya,seperti  daun bawang dan biji wijen, dalam wajan dan didihkan. Setelah mendidih, aduk selama beberapa kali, kurang lebih  selama sepuluh menit. Biarkan dingin,  ayam siap disajiakan dengan  ditaburi dengan daun bawang dan biji wijen.

Hal 36 :
Bahan :
  • ¾ cangkir minyak kacang
  • 1 sdm biji merica atau Sichuan
  • 2 cabe kering, iris
Cara Membuat:
Wajan panas dan tambahkan minyak, merica dan cabai. masak di atas api kecil selama 10 menit. biarkan dingin, lalu simpan dalam botol tertutup selama 2-3 hari. saring dan buang merica dan cabai. minyak botol di toko tertutup rapat dan simpan di tempat yang dingin sampai 6 bulan.









            Nama Hidangan        : Seafood In Beancurd Skin
Sumber                       : buku “ The Food Of china”          
Bahan:
  • 200 gr udang kupas.
  • 100 gr daging kepiting, segar atau kaleng.
  • 2 air kastaye, cincang kasar.
  • 1 sdm daun ketumbar cincang.
  • 1 sendok makan garam.
  • 3-4 lembar besar kulit kembang tahu kering.
  • 1 sendok teh maizena dicampur dengan air minyak untuk menggoreng.

Cara Membuat :
  1. Campuran udang dan daging kepiting dalam food processor sampai tercincang kasar.Tambahkan air kastanye, ketumbar, dan garam dan cincang  untuk beberapa detik lagi.
  2. Goreng dalam minyak panas,hingga garing,berwarna kuning keemasan. Angkat,potong sebelum di sajikan, agra memudahkan untuk dimakan

Halaman                     : 44



II.                SOUP

Nama Hidangan        : Tai Lake Whitebait Soup
Sumber                       : Buku “The Food of China”
Halaman                     : 54
Porsi                           : 4 porsi

Bahan:
·         500 ml chiken stock (penjelasan dibawah)
·         100 gr white bait atau fillet ikan putih , iris tipis
·         5 cm rebung, diiris korek api
·         2 potong jamur kuping, rendam dan iris halus
·         1 buah jamur hitam kering, rendam dan iris halus
·         25 gram tofu, diiris
·         ½ sdt garam
·         2 sdm maizena, campur dengan air

Cara membuat:
Rebus kaldu, lalu masukkan semua bahan kecuali maizena. Masak selama 1- 2 menit, sampai ikan matang. Kentalkan dengan maizena. Angkat dan sajikan. Jika suka, hias dengan daun ketumbar.


Cara membuat stock (hal. 36):
Bahan :
·         1 atau 1,5 kg potongan ayam
·         1 batang seledri, dengan daunnya yang dicincang halus
·         5 cm jahe, memarkan
·         2,5 liter air.

Cara Membuat:
Masukkan potongan ayam ke dalam panci besar yang telah diisi air lalu didihkan dengan api kecil selama 1 menit. Buang airnya lalu isi kembali panci dengan air lalu masukkan semua bahan. Didihkan dengan api kecil, tanpa ditutup, selama 2 jam. Buang bagian yang berbuih yang naik ke atas panci. Saring kaldu menggunakan kain katun tipis. Resep ini dapat dibuat dalam jumlah banyak lalu disimpan dalam keadaan beku untuk digunakan suatu saat.








Nama Hidangan        : Chicken & Sweet Corn Soup
Sumber                       : Buku “The Essential Asian Cook Book”
Halaman                     : 25
Porsi                           : 4 porsi

Bahan:
·         200 gr fillet dada ayam
·         1 sdt garam
·         2 butir telur, ambil putihnya
·         750 ml kaldu ayam
·         250 gr jagung manis
·         1 sdm maizena
·         2 sdt kecap
·         2 buah daun bawang, iris diagonal

Cara Membuat:
1.      Bersihkan ayam dengan air dingin dan keringkan dengan kertas. Masukkan potongan ayam ke dalam food processor sampai tercincang halus. Tambahkan garam.
2.      Kocok putih telur sampai berbusa dalam mangkuk. Siramkan putih telur ke dalam cincangan ayam.
3.      Rebus kaldu ayam hingga mendidih, masukkan jagung. Larutkan maizena dengan sedikit air dan tambahkan ke dalam sup, aduk sampai mengental dan tercampur rata.
4.      Masukkan cincangan ayam, aduk menggunakan ballon whisk. Kecilkan api, aduk selama 3 menit. Bumbui dengan kecap. Sajikan selagi panas, taburkan dengan cincangan daun bawang.

















Nama Hidangan        : Hot Sour Soup
Sumber                       : “The food of China”
Halaman                     : 58
Porsi                           : 2 porsi

Bahan :

š ½ potong ayam
š 2 mangkuk kaldu ayam
š 30 gram udang kupas
š 1 ½ sdm polong hijau beku
š 1 buah jamur hitam kering, rendam dan cincang halus
š 2 ptg jamur kuping, rendam dan cincang halus
š ½  tahu cina, cincang halus
š ½ buah tomat sedang, cincang halus
š 1 sdt garam
š 3 sdt lada putih bubuk
š 1 sdt minyak wijen
š 2 sdm tepung maizena, campur dengan air
š 1 buah telur, kocok sebentar
š 2 sdm cuka beras
š 2 sdm cincangan daun bawang

Cara membuat :
1.      Rendam ayam di air panas hingga lunak, lalu potong dadu. Cuci bersih seluruh bagian ayam.
2.      Panaskan kaldu dan masukkan ayam, udang kupas, kacang polong, jamur hitam, jamur kuping, kembang tahu dan tomat.
3.      Masukkan garam, lada dan minyak wijen.
4.      Kentalkan sup dengan tepung maizena, lalu masukkan telur dan aduk sampai rata. Masukkan cuka, tuang kedalam mangkuk penyajian dan hiasi dengan daun bawang.
Cara membuat stock (hal. 36):
Bahan :
·         1 atau 1,5 kg potongan ayam
·         1 batang seledri, dengan daunnya yang dicincang halus
·         5 cm jahe, memarkan
·         2,5 liter air.
Cara Membuat:
Masukkan potongan ayam ke dalam panci besar yang telah diisi air lalu didihkan dengan api kecil selama 1 menit. Buang airnya lalu isi kembali panci dengan air lalu masukkan semua bahan. Didihkan dengan api kecil, tanpa ditutup, selama 2 jam. Buang bagian yang berbuih yang naik ke atas panci. Saring kaldu menggunakan kain katun tipis. Resep ini dapat dibuat dalam jumlah banyak lalu disimpan dalam keadaan beku untuk digunakan suatu saat.




III.           MAIN COURSE
                                                                
Nama Hidangan        : Peking Duck With Mandarin Pancakes
Sumber                       : The Essential Asian Cook Book
                        Halaman                     : 32
Porsi                           : 4
Bahan :
  • 1 x 1,7kg (3 ¾ lb) bebek
  • 3 liter air mendidih
  • 1 sdm madu
  • ½ cup (125ml / 4 fl oz) air panas
  • 1 mentimun  Lebanon
  • 12 daun bawang
  • 2 sdm saus hoisin

Mandarin Pancake
  • 2 ½ cup (310g / 9 ¾ oz) tepung biasa
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 cup (250 ml / 8 fl oz) air mendidih
  • 1 sdm minyak wijen

Cara Membuat :
1.      Bersihkan  bebek dan buang leher dan setiap bagian besar lemak dari dalam bebek. Cuci bebek dengan air panas dan perlahan-lahan tuangkan air mendidih di atasnya,
2.      Taruh bebek dalam loyang. campurkan madu dan air panas dan pastikan semua bagian bebek sepenuhnya tertutup madu dan air panas. Tiriskan bebek sampai kering di tempat sejuk selama sekitar 4 jam. alternatif, Anda bisa menggunakan kipas listrik pada setelan dingin, diposisikan meter atau lebih jauh. kulit cukup kering ketika terasa tipis.
3.      Panaskan oven sampai panas 210 C (415F/gas 6-7). panggang bebek  selama 30 menit dengan hati-hati tanpa merobek kulit, panggang itu selama 30 menit. Angkat bebek dari oven dan biarkan selama satu atau dua menit, kemudian letakkan di piring hangat.
4.      Membuat pancake mandarin: masukkan tepung dan gula dalam mangkuk sedang dan tuangkan air mendidih. campurkan aduk beberapa kali dan biarkan sampai hangat. remas campuran sampai adonan halus. tutup dan sisihkan selama 30 menit.
5.      Ambil 2 sendok makan adonan: roll masing-masing menjadi bola. Roll menjadi lingkaran 8 cm (3 inci) di diameter. Oleskan satu per satu lingkaran dengan minyak wijen dan tempat lingkaran lainnya di atas. Re-roll untuk membuat pancake tipis sekitar 15 cm (6 inci) di diameter. Ulangi dengan adonan reamining dan minyak untuk membuat sekitar 10 pancake ganda.
6.      Panaskan wajan penggorengan dan masak kue dadar satu per satu. Ketika gelembung kecil muncul di permukaan, putar serabi di atas dan masak sisi kedua, menekan permukaan dengan handuk bersih. Serabi harus puff ketika dilakukan. Transfer panekcake ke piring. Ketika cukup dingin, belah menjadi  2 bagian dari pancake ganda terpisah. Sajikan di piring dan tutupi untuk mencegah mengering.
7.      Untuk melayani: iris halus bebek. Tempatkan pancake dan bebek di piring saji terpisah. Susun timun dan daun bawang di piring saji lain. Tempatkan saus hoisin di piring kecil. Setiap restoran membuat mereka seperti kue dadar, menyebar sedikit saus di atasnya dan menambahkan beberapa potongan ketimun, bawang dan akhirnya sepotong bebek. Serabi tersebut kemudian dilipat menjadi bentuk evelope rapi untuk makan.



































Nama Hidangan        : Curried Rice with Shrimp
Sumber                       : Buku “Oriental Step by Step Cook Book”
Halaman                     : 41
Porsi                           : 4

Bahan:
·         75 gr udang kupas
·         Air garam
·         4 buah (40 gr) Jamur Cina
·         3 sendok makan (20gr) kacang polong
·         5 sendok makan minyak
·         1 sendok makan bubuk kari
·         1 sendok makan kecap asin
·         875  gr nasi berbulir panjang
·         ½ sendok makan garam
·         Sejumput penyedap (bila diinginkan)

Bumbu:
·         1 sendok makan sake
·         Sejumput garam
·         Sejumput penyedap (bila diinginkan)
·         ½ sendok makan tepung kanji

Cara membuat:
1.      Bersihkan bagian hitam dari kepala udang. Celupkan udang ke dalam air garam (1 sendok the dalam 2 gelas air); diamkan selama 1 jam. Keringkan udang dari air garam dan taburi dengan bumbu. Diamkan dengan bumbu selama 1 jam.
2.      Sementara itu, rendam jamur selama 30 menit. Tiriskan, buang batangnya dan potong bersama bawang menjadi ¼ di cuber. Masak kacang polong.
3.      Panaskan 1 sendok makan minyak dalam wajan dan tumis udang sampai matang. Pindahkan ke piring.
4.      Panaskan 1 sendok makan dan tumis jamur sampai aromanya keluar. Sisihkan.
5.      Bersihkan wajan, panaskan sisa minyak, dan goreng bawang selama 1 menit, kecilkan api, masukkan bubuk kari, tambahkan jamur, aduk.
6.      Tambahkan kecap asin ke samping wajan. Biarkan aromanya keluar, masukkan nasi, aduk, tambahkan sedikit garam dan penyedap (bila diinginkan).
7.      Tambahkan udang dan kacang polong.
  1. Aduk rata





Lontong Cap Go meh
download (1).jpg
Bahan-bahan:
Lontong:
·         600 gr beras cuci bersih.
·         3 lembar daun pandan
·         beberapa lembar daun pisang untuk membungkus lontong
Opor :
·         1000 ml santan sedang
·         1 ekor ayam, dipotong 12
·         1 potong lengkuas di geprek
·         2 lembar daun salam
·         1 ruas kunyit kira kira 2 cm, di belah
·         3 buah belimbing wuluh/belimbing sayur, di belah 2
·         1 sdm garam
·         1 sdt gula, pengganti vetsin
Bumbu halus:
·         3 siung bawang putih
·         2 butir bawang merah
·         1 sdt ketumbar
·         3 butir kemiri

Sayur Lodeh
Bahan:
·         1 ikat kacang panjang
·         1 labu siam, 1 terung
·         1 ons rebung
·         1 ons tempe,
·         antan dari 1/2 kelapa.

A.    Bumbu yang digerus: 3 lombok merah buang bijinya, 1 pt terasi, 6 bawang merah, 4 siung bawang putih, 4 butir kemiri yang sudah dibakar, 3 sdt garam, 40 gr gula jawa.
B.     Bumbu lainnya: 2 iris lengkuas memarkan, 2 bt sereh memarkan, 5 lembar daun jeruk purut.



Cara membuat
Tempe dan sayuran dipotong-potong. Didihkan santan, masukkan sayuran, tempe serta bumbu-bumbu A + B. Masak sampai sayuran matang.

Opor Ayam
Bahan:
·         1 ekor ayam kampung yang gemuk dan muda,
·         santan dari 1/2 kelapa
·         3 belimbing wuluh.
Bumbu yang digerus
·         2 lombok merah
·         1 pt terasi
·         8 bawang merah
·         4 siung bawang putih
·         2 peres sdt bubuk ketumbar
·         5 butir kemiri, sebutir kencur
·         seruas kunyit
·         2 sdt garam
·         2 sdt gula,
·         minyak untuk menumis.
Bumbu lainnya
·         2 iris lengkuas memarkan,
·         4 lembar daun jeruk purut.

Cara membuat:
Ayam dibersihkan, potong-potong, goreng sebentar. Bumbu yang digerus tumis dengan sedikit minyak sampai harum baunya, tuangi santan cair, bubuhi lengkuas dan daun jeruk, didihkan, lalu masukkan ayamnya. Masak sampai ayamnya empuk, masukkan irisan belimbing dan santan kental, masak beberapa saat lagi, angkat.

















Semur Tahu dan telor
·         Bahan:
·         2 Tahu China (potong 4)
·         5 bawang merah
·         2 bawang putih
·         1 ruas jahe
·         3 butir kemiri
·         ½  Sdt garam
·         ¼  Sdt merica bubuk
·         2 Lembar daun salam
·         2 sdm minyak goreng
·         5 sdm kecap manis
·         Air Secukupnya
Cara Membuatnya:
1.      Goreng Tahu yang sudah dipotong 4 setengah matang
2.      Giling halus bumbu, kemudian tumis dengan minyak.Setelah harum, masukkan Tahu aduk rata
3.      Tambahkan Kecap manis dan daun salam dan Air..Masak hingga matang
4.      Akan tambah gurih jika ditambah dengan taburan Bawang Goreng.
5.      Sajikan

Sambal Bubuk Kedelai
1/4 kg kedelai.
Bumbu A:
·         2 lombok merah,
·         2 siung bawang putih,
·         3 lembar daun jeruk,
·         1 pt terasi.
Bumbu B:
·         2 sdt garam,
·         50 gr gula halus.

Cara membuat:
Kedelai dicuci lalu sangrai sampai kering. Buang kulitnya lalu gerus dengan bumbu tersebut.








Sayur sambal godok
Bahan-bahan:
·         1 buah labu siam, kupas, iris tipisbentuk korek api, lemaskan dengan garam
·         1 ikat (10 batang) kacang panjang, iris panjang 1 cm
·         2 batang sereh, geprek
·         2 ruas lengkuas, geprek
·         2 lembar daun salam
·         3 lembar daun jeruk
·         5 bawang merah, iris tipis
·         1 liter santan dari ½ butir kelapa
·         Garam dan gula secukupnya
·         Minyak untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan:
·         10 cabai merah
·         10 bawang merah
·         5 bawang putih
·         3 cm jahe
·         ½ ons ebi, direndam air panas sampai lunak
Cara Membuat :
1.      Tumis bawang merah iris sampai harum
2.      Masukkan bumbu halus, sereh, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk, tumis sampai bumbu matang
3.      Masukkan labu siam dan kacang panjang, tumis sampai sayuran layu
4.      Tuang santan, beri garam dan gula secukupnya. Masak sampai mendidih.
5.      Angkat, hidangkan dengan ketupat















Sambal Goreng Hati Ampela
Bahan:
·         4 pasang hati/ampela,
·         20 butir telur puyuh rebus,
·         1 bt petai,
·         santan dari 1/4 kelapa,
·         2 iris lengkuas memarkan,
·         3 lembar daun salam,
·         2 sdm air asam,
·         penyedap.
Bumbu yang digerus:
·         6 lombok merah,
·         6 bawang merah,
·         3 siung bawang putih,
·         1 potong  terasi,
·         1 ½  sdt garam,
·         2 sdt gula, minyak untuk menumis.

Cara membuat:
Hati ampela direbus, lalu potong-potong. Telur puyuh dikupas, petai dikupas dan belah dua. Bumbu digerus, tumis dengan sedikit minyak sampai harum baunya, tuangi santan, masukkan bahan-bahan lainnya. Didihkan beberapa saat sampai bumbu-bumbunya meresap, angkat.


Sambal Bubuk Kelapa
Bahan:
Bumbu A:
·         1 kg kelapa parut,
·         4 siung bawang putih,
·         6 bawang merah,
·         50 gr lombok merah,
·         1 pt terasi,
·         2 btr kencur,
·         12 lembar daun jeruk purut.
Bumbu B:
·         2 sdt garam,
·         150 gr gula pasir.
Cara membuat:
Bumbu A digoreng sampai matang, angkat. Sisa minyak dipakai untuk menyangrai kelapa, bahan-bahan yang sudah digoreng dicampur dengan kelapa, aduk-aduk terus sampai kelapa berwarna kuning dan kering. Bahan-bahan yang digoreng diambil, gerus sampai halus dengan gula dan garam, kelapa sangrai juga digerus, ratakan.
IV.             DESSERT

                                    Nama Hidangan         : Mango Pudding
Sumber                       : “The food of China”
Halaman                     : 126
Porsi                           : 6  porsi
Bahan :
  • 200 gr mangga masak
  • 3 sdt bubuk kelatin
  • 1 cup air panas
  • 1 cup air es
  • ½ cup whipping cream, jangan di kocok
  • 1 cup santan kelapa kental
Cara Membuat :
Kupas mangga, potong- potong daging mangga menjadi dadu kecil- kecil, masukan gelatin dalam air panas, dan biarkan hingga mengembang selama 5 menit. Aduk hingga larut semua. Kemudian gabungkan dengan semua bahan lain nya, masukan mangga. Tuangkan dalam 6 buah mangkuk cetakan dan dinginkan hingga membeku. Setelah memnbeku sajikan dengan tambahan krim jika suka. Hidangan penutup makanan barat ini paling popular di Negara China bagian selatan dan Hongkong.























         Onde- Onde
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSOfxFL4CE0fCa1auaUSFuYxaWYbwBqN6kio1o9xipfEN4aV7UB0IsM6G8Resep Bahan Kulit Onde-Onde :
  • 250 gram teung ketan
  • 25 gram tepung sagu
  • 175 ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 100 gram wijen, cuci, tiriskan, jemur kering
Resep Bahan Isi Onde-Onde:
  • 200 gram kacang hijau tanpa kulit, rendam 1 jam
  • 150 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan/vanili
  • 50 ml air/ santan cair

Cara Membuat Onde-Onde
  1. Isi : kukus kacang hijau sampai matang, haluskan selagi panas. Campur dengan gula, daun pandan atau vanili, jerang diatas api kecil sambil diaduk hingga adonan dapat dibentuk bulat kelerang, sisihkan.
  2. Kulit : campue semua bahan sambil diaduk dan diberi santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni sampai menjadi adonan yang bisa debentuk. Bagi rata sesuai jumlah isi. Bulatkan dan pipihkan, beri adonan isi, rapatkan, bentuk bulat kembali.
  3. Gulingkan sambil tekan pelan tiap bulatan onde pada wijen. Goreng dalam minyak banyak yang tidak terlalu panas sampai matang kecoklatan, angkat dan tiriskan.


Tips Onde-onde
 Jaga agar adonan kulit Onde-Onde tetap lembap, tutup dengan plastik. Bila perlu percikkan sedikit air, supaya wijen melekat baik pada kulit adonan.
















            Nama Hidangan         : Red Bean Pancake
Sumber                       : “The food of China”
Halaman                     :  124
Porsi                           : 4  porsi

Bahan :
  • 150 gr tepung, ayak
  • ¼ sdt tepung custard
  • 1 buah telur
  • Air secukupnya untuk mencampur
  • 100 gr pasta kacang merah
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
  1. Campurkan tepung, tepung custard, telur dan air secukupnya, aduk. Buat adonan menjadi kental dengan krim encer.
  2. Panaskan panci  dan olesi dengan 1 sdt minyak.
  3. Putar panci mengeliling sehingga minyak menutupi semua bagian
  4. Masukan ¼ cup dari adonan dan sebarkan di sekeliling panci, untuk membuat pancake menjadi tipis.
  5. Masak hingga bagian atas hingga matang, dan bagian bawah menjadi berwarna ke emasan. Angkat, ulangi hingga adonan habis. Tempatkan pancake yang berwarna kecoklatan diatas permukaan datar ( tupiring saji ) olesi bagian tengah dari setiap pancake dengan pasta kacang. Dan tumpuk untuk menutupi pasta. Siap di sajikan.



















Kue Keranjang
 

Bahan :
·         Gula palem/gula merah 150 gram
·         Air 470 ml
·         Santan 2 sdm
·         Air jahe 1 sdm
·         Tepung beras ketan 300 gram
·         Tepung teng mien 75 gram

Cara membuat :
1.      Rebus gula palem dan air lalu saring dan dinginkan. Tambahkan santan dan air jahe.
2.      Campur tepung beras ketan dan tang mien dalam mangkuk, buat lubang di tengahnya, tuang larutan gula ini ke dalamnya lalu aduk dengan whisk hingga lembut (tidak bergerindil) lalu saring.
3.      Tuang adonan ke dalam cetakan bulat yang dioles minyak sayur lalu tutup dengan aluminium foil dan kukus selama 45-60 menit. Angkat.
4.      Diamkan beberapa hari baru disajikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar